Sunday, February 8, 2015

psikologi klinis ??

apa itu Psikologi Klinis? Psikologi klinis adalah ilmu psikologi dengan tujuan untuk memahami perilaku dan karakteristik manusia dengan menggunakan metode pengukuran, analisis, serta memberi saran agar seseorang dapat menyesuaikan dirinya. Jadi psikologi klinis itu cabang konsentrasi dari psikologi, yg dibahas di psikologi klinis contohnya yaitu 1) gangguan kepribadian, 2) phobia, 3) depresi, 4) psikosis dll.
Lahan kerja psikologi klinis meliputi banyak hal, semisal depresi kemudian orang itu  dalam  keadaan emosi jangka pendek seperti konflik keluarga hingga kelainan mental yang sangat parah seperti skizofrenia (schizophrenia). Skizofrenia adalah suatu gangguan psikosis fungsional berupa gangguan mental berulang yang ditandai kemunduran fungsi sosial, fungsi kerja, dan perawatan diri. Skizofrenia merupakan penyakit otak yang timbul akibat ketidakseimbangan pada salah satu sel kimia dalam otak biasanya disebut dopamin. Ia adalah gangguan jiwa psikotik paling lazim dengan ciri hilangnya perasaan afektif atau respons emosional dan menarik diri dari hubungan antarpribadi normal. Sering kali diikuti dengan delusi (keyakinan yang salah) dan halusinasi (persepsi tanpa ada rangsang pancaindra). Pada pasien penderita, ditemukan penurunan kadar transtiretin atau pre-albumin yang merupakan pengusung hormon tiroksin, yang menyebabkan permasalahan pada fluida cerebrospinal. Skizofrenia bisa mengenai siapa saja.
Aktifitas yang dilakukan oleh seorang psikolog klinis diantaranya adalah:
1. Terapi dan modifikasi tingkah laku
2. Assesmen dan tes psikologi
3. Pengajaran dan supervisi
4. Konsultasi
5. Administrasi
6. Penelitian
Sedangkan aktifitas yang diberikan oleh seorang klinisi anak sebagai bentuk pelayanan pada masyarakat diantaranya adalah:
1. Pengasuhan untuk anak dan remaja bermasalah
2. Pendidikan untuk anak dan remaja bermasalah
3. Penanganan untuk anak dan remaja bermasalah
4. Perawatan untuk anak dan remaja bermasalah
5. Administrasi untuk anak dan remaja bermasalah
Jadi, setelah saya mengetahui tentang Psikologi Klinis saya bisa belajar banyak hal dan mendapat pengetahuan baru. Dengan pengetahuan baru ini bisa saya jadikan pengalaman baru jika ada seseorang yang mengalami Psikologi Klinis tersebut. Bagi yang mengalami gangguan seperti di atas, bisa meminta bantuan atau berkonsultasi kepada klinisi yang sudah berpengalaman dalam menangani gangguan dalam kepribadian, phobia, depresi, dsb.

No comments:

Post a Comment